Translate

NASA Temukan Retakan Besar di Gletser Antartika


WASHINGTON - Badan antariksa NASA menemukan sebuah retakan besar pada sebuah gletser di Antartika. Retakan ini ditemukan dalam misi NASA Operation Ice Bridge yang merupakan survei udara terbesar untuk memantau es di kutub Bumi.

Retakan tersebut terjadi di gletser Pine Island yang pada tahun 2001 lalu masih merupakan sebuah gunung es. Beberapa ilmuwan memperkirakan akan terjadi retakan lagi di sana, namun perkiraan tersebut belum terjadi.
Sejak saat penemuan itu, NASA melakukan penelitian lebih detail terhadap hasil citra satelit yang sudah didapatkan.

NASA menargetkan misi ini berlangsung selama 6 tahun dan menghasilkan citra tiga dimensi permukaan es, lempengan es, dan lautan es di Artic dan Antartika.

"Sebenarnya saat ini kami sedang menyaksikan bagaimana hal tersebut bisa terjadi, ini sesuatu yang amat menarik," kata Michael Studdinger, seorang ilmuwan anggota Ice Bridge Project.

"Ini bagian dari proses alam, tapi berada di sini dan menyaksikan terjadinya retakan tersebut adalah hal yang menggairahkan," tambahnya. Seperti diwartakan melalui Fox News, Jumat (4/11/2011).

___________

Cracks occurred in the Pine Island glacier in 2001 is still a mountain of ice. Some scientists predict will happen again in the cracks there, but that estimate has not happened.

Labels: boleh tahu

Thanks for reading NASA Temukan Retakan Besar di Gletser Antartika. Please share...!

0 Comment for "NASA Temukan Retakan Besar di Gletser Antartika"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top