Translate

Robot Pembantu Lansia

TOKYO - Sebuah robot baru dengan kualitas sensor tinggi dan teknologi kontrol yang fleksibel membuat Jepang selangkah lebih maju dalam memberikan perawatan yang berkualitas tinggi untuk pertumbuhan populasi lansia.

Robot yang dikembangkan oleh para peneliti di RIKEN dan Tokai Rubber Industries (TRI), mampu mengangkat pasien dengan berat badan maksimal 80kg dari lantai ke tempat tidur dan ke kursi roda. Ini dapat mengurangi salah satu tugas perawat yang cukup sulit dan memakan banyak energi.

Robot RIBA II yang mampu membantu Lansia

Diperkirakan populasi lansia Jepang di tahun 2015 yang membutuhkan perawatan lebih lanjut berjumlah 5,7 juta orang, Jepang menghadapi kebutuhan mendesak untuk membantu tugas perawatan pada rumah sakit. Salah satu tugas yang paling berat bagi perawat ialah melakukan tugas tersebut. Mereka melakukannya rata-rata 40 kali setiap hari.
Ditahun 2009, RIKEN-TRI Collaboration Center (RTC) pernah membuat robot dengan nama RIBA (Robot for Interactive Body Assistance) yang dirancang untuk membantu tugas perawat. Robot generasi pertama ini mampu mengangkat pasien dari tempat tidur ke kursi roda dan sebaliknya. Namun robot ini memiliki keterbatasan fungsional dalam melakukan tugasnya.

RIBA-II merupakan Robot baru RTC yang dapat mengatasi keterbatasan dengan kekuatan tambahan dan fungsionalitas yang lebih banyak. Sendi baru yang dipasang di dasar robot dan punggung bawah membuat RIBA-II bisa berjongkok dan mengangkat pasien dari kasur di lantai, tugas yang paling berat secara fisik untuk perawatan. Demikian seperti dikutip Japan Today, Minggu (7/8/2011).

Robot generasi kedua ini dapat menyelesaikan tugas baru tersebut dengan baik karena memiliki Smart Rubber sensors, yang dipasang di lengan dan dada robot. Sensor tersebut memungkinkan RIBA-II untuk mendeteksi berat badan seseorang dengan cepat melalui sentuhan. Sehingga menjamin keselamatan pasien.

Di masa depan, peneliti RTC akan bekerja sama dengan mitra keperawatan untuk menguji RIBA-II dan menyesuaikan lebih lanjut pada kebutuhan pengasuh dan pasien mereka, sementara itu mereka juga mengembangkan aplikasi baru seperti rehabilitasi.

TRI bertujuan untuk membantu perawatan dengan memberikan robot seperti RIBA-II ke pasar internasional dalam waktu dekat. Dengan harapan dapat mendukung dan membatu populasi lansia yang selalu bertambah di seluruh dunia.

___________

This second-generation robot can complete the new task well because it has a Rubber Smart sensors, mounted on a robot arm and chest. The sensor allows the RIBA-II to detect a person's weight quickly through touch. Thus ensuring patient safety.

Labels: teknologi

Thanks for reading Robot Pembantu Lansia. Please share...!

0 Comment for "Robot Pembantu Lansia"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top