Translate

Treebot, Inovasi Robot Pemanjat Pohon

Treebot

HONG KONG - Terinspirasi oleh ulat kecil pemanjat pohon, China membuat sebuah robot yang diberi nama Treebot. Robot tersebut dapat memanjat pohon dan ditujukan untuk pelestarian hutan.

Treebot merupakan robot Slinky yang dapat mencengkram pohon dengan kaki menyerupai laba-laba yang digunakan untuk memanjat sebuah pohon yang besar sekalipun seperti pohon hutan.

Seperti dikutip Straits Times, Jumat (1/7/2011), robot ini telah dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk menemukan benda atau apapun yang memiliki dampak berbahaya terhadap hutan. Meskipun letaknya tinggi dan berada di tengah dedaunan. Tubuh robot ini tersegmentasi sehingga memungkinkan untuk beradaptasi dengan dahan yang rumit dan bisa berbolak-balik secara elastis.

"Pada dasarnya saya menggunakannya untuk mengamati bagaimana cacing ini berjalan di pohon dan ini memberikan saya banyak ide," ujar Dr Yangsheng Xu, pembuat Treebot sekaligus profesor Chinese University, di Hong Kong.

"Saya pikir, Kami harus mengembangkan sebuah robot pemantau situasi hutan, apalagi sekarang banyak terjadi kebakaran dan bencana lingkungan yang banyak terjadi di kawasan hutan," tambah Xu.

Treebot yang dilengkapi kamera ini dapat mengirimkan gambar secara real time dan telah menggunakan teknologi sel surya. Sehingga, tidak perlu melakukan isi ulang untuk memberikannya tenaga pada robot tersebut. Walaupun, robot ini hanya memiliki bobot 600gram, namun robot ini mampu membawa suatu benda yang beratnya tiga kali lebih berat dari bobotnya tersebut.

"Ini bisa memanjat ke berbagai macam pohon, mulai dari permukaan yang halus, permukaan kasar, bahkan dapat berjalan ke berbagai penjuru, dari yang besar maupun kecil. Selain itu, secara otomatis dapat menempel pada cabang sehingga mobilitasnya sangat baik," pungkasnya.

Akan tetapi, Treebot masih harus disempurnakan karena masih membutuhkan perbaikan di beberapa hal yang meliputi, kamera yang masih kurang fokus pada cahaya gelap dan cenderung slip ketika pohon dalam keadaan basah.

Namun Dr Xu mengatakan Treebot sangat berpotensi dan akan segera merangkak jalan ke pohon yang ada di seluruh dunia.

___________

Treebot equipped camera can transmit images in real time and have used solar cell technology. So, no need to refill to give power to the robot. Although, this robot has only 600gram weight, but the robot is capable of carrying an object that weighs three times heavier than the weight.
Labels: teknologi

Thanks for reading Treebot, Inovasi Robot Pemanjat Pohon. Please share...!

0 Comment for "Treebot, Inovasi Robot Pemanjat Pohon"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top