Translate

Sejarah Payung, Asal-Usulnya Melibatkan Bangsawan Berbagai Negara

Payung mungkin sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh semua orang. Yang semula hanya difungsikan untuk melindungi tubuh saat hujan, sekarang payung juga bertambah fungsinya untuk melindungi seseorang dari sengatan sinar matahari, untuk kegiatan keagamaan tertentu, untuk sekedar gaya, dan lain-lain.

Terlepas dari itu semua, tahukah kamu bagaimana sebenarnya asal muasal munculnya payung? Mungkin memang belum banyak yang tahu bahwa sebenarnya barang sederhana itu memiliki sejarah yang luar biasa.


Dilansir briio.net dari umbrellahistory.net, Minggu (3/5), payung muncul sejak 3.000 tahun lalu sejak masa Mesir kuno yang memang difungsikan untuk melindungi para bangsawan dari sinar mataharri agar kulit mereka tetap tampak cerah. Namun pada saat itu mereka belum membuat payung yang dapat melindungi tubuh mereka dari hujan. Sampai kemudian pada abad ke 11 sebelum masehi, China menciptakan produk payung yang terbuat dari bahan kulit yang dipatok dengan harga tinggi dan hanya digunakan oleh kaum bangsawan.

Sayangnya payung buatan China tersebut tidak diperdagangkan pada bangsa Eropa saat jalur perdagangan dunia melintasi negaranya. Akhirnya Mesir lah yang mulai menawarkan payung untuk perlindungan dari sinar matahari milik mereka pada para pedagang Yunani dan Roma, di mana penggunanya adalah para wanita bangsawan.

Waktu itu para pria Eropa menilai payung layaknya barang yang identik dengan para wanita sehingga mereka memilih menggunakan jas dan topi untuk melindungi diri mereka saat hujan maupun panas daripada derajat mereka turun karena menggunakan payung.

Namun ketika kejayaan kerajaan Romawi mulai runtuh dan menimbulkan kemiskinan di mana-mana, payung sudah tak lagi digunakan di Eropa kurang lebih 1.000 tahun lamanya. Dan setelah masa Renaissance di Italia, Prancis, dan Inggris dan akhirnya payung kembali eksis digunakan sebagai salah satu tambahan untuk tren busana para wanita.

Status payung sebagai barang khusus wanita berkembang sampai abad ke 18 sebelum Jonas Hanway, pria berkebangsaan Inggris mencoba membawa payung dengan bentuk lebih maskulin di setiap kesempatan, guna menunjukkan bahwa barang ini tidak hanya untuk wanita saja.

Tiga abad kemudian barulah masyarakat Inggris mulai bisa menerima bahwa payung dapat digunakan oleh semua orang, baik pria dan wanita. Orang-orang juga tidak hanya menggunakan payung untuk melindungi diri dari panas dan hujan tetapi juga sebagai pelengkap gaya mereka saat harus melakukan perjalanan. Tren itulah yang akhirnya berkembang di seluruh wilayah Eropa sampai akhirnya para pengusaha berusaha mengembangkan berbagai desain payung termasuk yang sekarang kita gunakan.
Labels: sejarah

Thanks for reading Sejarah Payung, Asal-Usulnya Melibatkan Bangsawan Berbagai Negara. Please share...!

0 Comment for "Sejarah Payung, Asal-Usulnya Melibatkan Bangsawan Berbagai Negara"

Cari Artikel

Followers

Back To Top