Translate

Jenis Manga Berdasarkan Pembacanya

Siapa yang tidak mengetahui negara asal Doraemon yang satu ini? Ya, Jepang. Negeri bunga sakura ini memang sudah terkenal hampir di seluruh dunia dalam memproduksi manga berkualitas atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan komik. Komik Jepang ini memang cenderung digandrungi oleh berbagai kalangan karena menawarkan banyak cerita menarik yang patut untuk dibaca dan dinikmati.

Di Jepang sendiri komik dibagi berdasarkan sasaran pembacanya, seperti kodomo (anak-anak), shoujo (remaja perempuan), shounen (remaja laki-laki), josei (perempuan dewasa), dan seinen (pria dewasa). Pembagian jenis komik Jepang ini sudah lama diterapkan di negara ini, sehingga memudahkan pembaca untuk membelinya. Namun, di Indonesia sendiri pembagian jenis komik untuk para pembacanya masih sedikit kurang jelas. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai mengenali lebih dalam tentang 5 jenis komik Jepang sebagai berikut:

Jenis Komik Anak-Anak (Kodomo)
Di Jepang, komik genre anak-anak sangat mudah dikenali karena ceritanya yang ringan dan biasa ditampilkan dalam tokoh anak-anak. Alur ceritanya pun lebih cenderung ringan dan biasanya bertema persahabatan dan terkadang petualangan ringan. Contoh dari komik Jepang anak-anak yang mungkin kita kenal adalah Doraemon, Ninja Hatori, Arale, Kobo-Chan, P-Man dan masih banyak lagi.

Jenis Komik Remaja Perempuan (Shoujo)
Remaja putri merupakan sasaran dari komik genre remaja perempuan ini. Hal ini dikarenakan cerita yang ditampilkan oleh komik ini lebih cenderung menceritakan tokoh utama yang sebagian besar adalah perempuan.

Tokoh utamanya ini biasanya terlibat dalam kisah percintaan di kehidupan sekolah yang terkadang di warnai intrik-intrik kecil yang menyentuh hati pembaca. Contoh dari komik Jepang remaja perempuan yang kita kenal adalah Fruits Basket, Esper Mami, Sailormoon, dan sebagainya. Selain itu, komik Shoujo ini juga sering dikemas dalam bentuk komik serial cantik yang tidak terdiri dari episode-episode yang panjang.

Komik Jepang Perempuan Dewasa (Josei)
Komik genre perempuan dewasa ini memang sekilas hampir mirip dengan komik shoujo, tapi alur ceritanya lebih rumit dan kompleks sehingga sedikit sulit dipahami oleh perempuan usia remaja. Cerita yang ditampilkan komik josei lebih cenderung mengambil setting di kampus, dunia kerja, rumah, dan sebagainya. Namun, tidak juga membatasi juga pengambilan setting di sekolah SMA dan tetap dalam alur cerita yang kompleks serta tetap romantis.

Contoh dari komik genre ini adalah Hana Yori Dango, Perfect Girl Evolution, Topeng Kaca, dan sebagainya. Dan satu lagi, komik josei ini tak segan untuk menampilkan adegan “dewasa” secara eksplisit sehingga para produsen komik di Indonesia biasanya memberikan label “dewasa” pada sampul komik tersebut.

Komik Jepang Remaja Laki-Laki (Shounen)
Sasaran dari komik shounen adalah para remaja laki-laki. Hal ini dapat dilihat dari tokoh utama cerita merupakan laki-laki dan lebih cenderung terlibat dalam sebuah petualangan seru yang diwarnai intrik-intrik perkelahian, pertempuran magis, pertempuran pedang, duel antar robot, dan sebagainya. Contoh dari komik remaja ini, antara lain Naruto, Bleach, Bakuman, Yu-Gi-Oh, Hunter x Hunter, Captain Tsubasa, Samurai-X, Slam Dunk, One Piece, Dragon Ball, dan sebagainya.

Komik Jepang Pria Dewasa (Seinen)
Komik yang satu ini memiliki target para pria dewasa yang memiliki alur cerita lebih kompleks ketimbang komik shounen. Komik seinen sekilas memang mirip dengan shounen, namun intrik cerita yang ditampilkan cenderung lebih berat, kasar, humor dewasa, dan membutuhkan pemikiran yang lebih rumit. Contoh dari komik genre pria dewasa ini, antara lain Gantz, Initial D, Otoboke, Kariage, dan sebagainya.

Sebagai tambahan, komik Crayon Shinchan pun termasuk dalam genre seinen karena menampilkan alur cerita yang mengandung humor dewasa dan isinya pun mengenai lebih cenderung mengajarkan orang dewasa agar dapat memahami pemikiran anak-anak.

Jadi, sudahkan Anda mengetahui jenis komik Jepang yang dibagi berdasarkan pembacanya? Dengan demikian Anda tidak akan salah lagi untuk menentukan komik yang cocok untuk diri sendiri dan anak-anak. Hal ini dikarenakan, alur dan tujuan dari masing-masing komik memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda. Bukankah begitu? Mari bijak dalam memilih!

sumber : viva
Labels: boleh tahu

Thanks for reading Jenis Manga Berdasarkan Pembacanya. Please share...!

0 Comment for "Jenis Manga Berdasarkan Pembacanya"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top