Translate

China Rencanakan Pendaratan Manusia di Bulan

BEIJING - China melanjutkan rencana ruang angkasanya, dengan meluncurkan rencana lima tahun untuk menempatkan astronot di bulan. Dengan begitu, rencana ini akan membuat China menjadi negara setelah Amerika Serikat (AS) yang berhasil menginjakkan kaki di bulan 40 tahun lalu.

“China akan melakukan studi dengan rencana awal mendaratkan manusia ke bulan,” ujar Dewan Negara rencana tersebut, seperti dilansir News Cnet, Selasa (3/1/2012).

Selain itu, Dewan Negara tersebut juga menyerukan tentang eksplorasi ruang angkasa yang mendalam dan asteroid.

Rencana ini berawal ketika pesawat ruang angkasa berawak AS tertahan, dan armada pesawat ulang alik NASA yang sudah pensiun dan bergantungnya misi International Space Station dengan roket Rusia.
Sebelumnya George W. Bush juga pernah menyebutkan akan ada kembali astronot ke bulan pada 2020 mendatang, namun kemudian dibatalkan oleh Obama karena program tersebut dinilai terlalu mahal. Sebagai gantinya Obama mengusulkan mengirimkan astronot ke sebuah asteroid pada 2025.

China juga membangun purwarupa stasiun ruang angkasa sendiri, Tiangong 1 sebelum pembangun stasiun Mies-class. Negeri Tirai Bambu tersebut telah memetakan bulan dengan satelit, Change’e-1. Selain itu mereka juga merencanakan untuk mengirim Shenzhou-9 dan pesawat ruang angkasa Shenzhou-10 ke dermaga dengan Tiangong-1 tahun ini.

“Sejak 2006, roket Long March telah berhasil meluncur 67 kali, mengirim 79 pesawat ruang angkasa ke orbit, yang direncakan dan menunjukkan peningkatan keandalan kendaraan peluncuran China,” ungkap isi dari program tersebut

Meskipun rencana ruang angkasa tersebut sepenuhnya didukung oleh Liberation Army, namun rencana tersebut sepenuhnya damai. “China selalu menganut penggunaan luar angkasa untuk tujuan damai, dan menentang persenjataan atau perlombaan senjata di ruang angkasa.”

Siapa pun nanti yang berhasil sampai di bulan, maka mereka bisa mengklaim banyak hal besar. Namun sejauh ini sejak misi Apollo 17 pada 1972, belum ada yang pernah berhasil seperti itu lagi.

oke
Labels: boleh tahu, luar angkasa, teknologi

Thanks for reading China Rencanakan Pendaratan Manusia di Bulan. Please share...!

0 Comment for "China Rencanakan Pendaratan Manusia di Bulan"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top