Translate

Beginilah Cara Soda Merusak Tubuh dalam Waktu 65 Menit!

Siapa tak suka soda sob? dijamin deh semua pasti suka, apalagi dalam mondisi cuaca panas minum soda dingin. Wuih.. seger. Tapi tau nggak sih sob, ternyata meminum soda juga cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Ternyata, cukup cepat reaksi kimia yang diberikan soda bagi efek tubuh, semuanya membahayakan sob. Nah, sebenarnya apa saja yang terjadi pada organ pencernaan tubuh ketika kita meminum soda.

Berikut sob kronologisnya, simak baik-baik deh. 


10 menit pertama, kandungan gula yang cukup kuat dalam produk minuman bersoda dapat menyebabkan kejutan kuat pada tubuh kita. Pada kasus biasa, ketika kita mengkonsumsi banyak makanan/minuman mengandung gula maka kita akan muntah. Namun, karena soda mengandung asam fosfat, maka efek ingin muntah itu hilang.

Lalu 20 menit berikutnya, tubuh berusaha untuk melawan overdosis gula yang mungkin terjadi. Hingga terjadi resistensi yang kuat pada insulin dalam aliran darah, yang menyebabkan insulin tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya, yaitu mensirkulasikan glukosa. Nah, pada saat yang bersamaan hati akan memecah gula dan mengubahnya menjadi lemak.

Masuk ke 40 menit berikutnya, tubuh benar-benar menyerap semua kafein yang terkandung dalam soda. Respon paling akut terhadap meningkatnya penghabisan glukosa, maka tekanan darah juga meningkat. Efek lainnya adalah otak akan memblokir reseptor adenosin yang berguna untuk memerangi kantuk. Artinya, kita jadi nggak ngantuk sob, dan mungkin kita juga bisa melihat kalau pupil mata kita jadi melebar.

Nah, masuk ke menit 45, produksi hormon dopamin meningkat, efeknya membuat kita merasa lebih fresh atau lebih segar. Efek ini yang juga terasa ketika seseorang mengkonsumsi Heroin.

Satu jam kemudian asam fosfat mempercepat metabolisme melalui pengikatan kalsium, seng, dan magnesium dalam usus. Pada sebagian kasus, banyak orang yang merasakan kembung pada perutnya, bahkan mungkin terasa nyeri perut.

Perlu diketahui juga sob, soda mengandung dosis besar gula dan pemanis buatan. Nah, inilah yang membuat efek diuretik kafein mulai bekerja.

Nah, yang mengagetkan adalah hanya dalam waktu satu jam, zat kalsium kita akan terkikis dari tulang dan akan terbuang lewat urine/kencing. Bersamaan dengan proses ini, magnesium, zinc, natrium, dan air murni juga meninggalkan tubuh Anda. Kebayang kan sob, apa isi dari tubuh kita saat itu.

Nah, ini klimaksnya sob, kekurangan gula parah akhirnya terjadi pada tubuh. Hal ini menyebabkan kita jadi sulit tidur dan cenderung gelisah. Kurangnya kafein juga disertai oleh kurangnya gula, yang membuat kita merasa lelah, hal tersebut karena tubuh kita secara struktur telah kehilangan berbagai cairan penting.

Nah, kabar baiknya adalah, kita akan kembali merasa bugar ketika efek meminum soda tadi habis, namun jangan salah sob, efek selanjutnya yang terjadi adalah menjadi kecanduan untuk kembali meminum soda.

Itulah sebabnya, kenapa banyak sekali bagian dari kita yang suka atau rutin meminum soda akan mengalami kondisi hipertensi dan obesitas. Hal ini disebabkan karena pemanis buatan seperti aspatram (E951), yang membuat rasa haus terus menerus, itu akhirnya yang membuat kita kecanduan minuman ini.

Efek samping lainnya adalah mengkonsusmsi pemanis buatan dalam jumlah berlebih akan menyebabkan gangguan pada syaraf, dan membuat mental menjadi lemot sob. Soda juga menyebabkan fungsi usus menjadi berkurang yang akhirnya menjadikan tempat tinggal lemak.

:aneh

Soo.. masing pengen minum soda secara berlebih sob? dikit aja mah gpp deh.. 

Labels: kesehatan

Thanks for reading Beginilah Cara Soda Merusak Tubuh dalam Waktu 65 Menit!. Please share...!

0 Comment for "Beginilah Cara Soda Merusak Tubuh dalam Waktu 65 Menit!"

Cari Artikel

Followers

Back To Top