Translate

Pendiri WikiLeaks di Inggris, Polisi Cuek

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange

Pendiri laman WikiLeaks, Julian Assange, diduga berada di Inggris. Kendati telah berstatus buruan Swedia, polisi Inggris justru dikabarkan tidak segera bertindak.

Padahal, surat perintah penangkapan telah disebarkan Swedia ke ratusan negara. Demikian ungkap harian Inggris, Independent, yang juga diberitakan stasiun televisi AS, MSNBC, Rabu 1 Desember 2010.

Keberadaan Assange diketahui Kepolisian Inggris setelah pria asal Australia itu memberi alamat kontak ketika dia mendarat di negara tersebut Oktober lalu.

Beberapa pekan lalu, Pengadilan Stockholm telah mengeluarkan surat penangkapan atas Assange karena tersangkut tuduhan perkosaan, pelecehan seksual dan pemaksaan ilegal. Surat penangkapan internasional berupa red notice dikirimkan ke banyak negara.

Surat itu telah diterima oleh Badan Kejahatan Serius dan Terorganisir (SOCA), yaitu salah satu elemen strategis Kepolisian Inggris. Namun, menurut Independent, surat itu dianggap angin lalu.

Kepolisian Inggris menjelaskan bahwa sikap SOCA itu wajar. Pasalnya, pihak Swedia tidak mengajukan surat penangkapan khusus untuk kawasan Uni Eropa atau European Arrest Warrant (EAW). Kepolisian Inggris baru bisa bertindak bila muncul EAW.

Kendati demikian, kepolisian Inggris masih mencoba mengklarifikasi surat penangkapan tersebut dan menelaah kasus Assange. Apalagi, berdasarkan permintaan Swedia, Assange baru saja menjadi buronan Interpol (Organisasi Polisi Kriminal Internasional).

Pengacaranya, Mark Stephen, mengatakan bahwa tuduhan yang dialamatkan kepada kliennya tidak jelas. Assange, ujarnya, juga belum mendapat surat tuduhan secara formal dan dia menolak untuk menjawab serangkaian pertanyaan mengenai kasusnya.

Assange, pendiri WikiLeaks yang seorang mantan hacker, menghilang dari publik setelah konferensi di Jewewa, Swiss, 5 November lalu. Itu pun dia tidak menghadiri konferensi secara langsung, melainkan melalui sambungan internet.
__________
Tag to this article : founder, hacker, public, press, ask, question, not, conference, client, absurd, crime, organization, international, english, cop, mail, message, hide, past, case, man, from, australian
Labels: kriminal, unik lainnya

Thanks for reading Pendiri WikiLeaks di Inggris, Polisi Cuek. Please share...!

0 Comment for "Pendiri WikiLeaks di Inggris, Polisi Cuek"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top