Translate

Profesor Cyborg Bisa 'Melihat' Ke Belakang (Pic dan Video)

Profesor Wafaa Bilal dengan kamera implan di kepalanya

Seorang profesor dari New York University memasang kamera implan ke dalam tulang tengkoraknya sehingga kamera tersebut akan mengambil gambar di bagian belakang kepalanya setiap menit.

Wafaa Bilal, profesor berdarah Irak itu kini menjalankan sebuah proyek bernama 'The 3rd I'.

Proyek seni ini bertujuan untuk menyediakan visualisasi harian termasuk visual pada bagian belakang Bilal yang sebelumnya tak pernah ia lihat.

Seperti dikutip oleh situs CNN, nantinya kamera di belakang kepada Bilal akan mengabadikan gambar setiap menit, selama proyek itu berjalan selama setahun.

Hasil streaming gambar itu akan langsung disalurkan ke Mathaf Arab Museum of Modern Art di Qatar. Rencananya, streaming gambar itu akan bisa dinikmati secara live sejak 15 Desember nanti.

Untuk mewujudkan niatnya, Bilal musti melakukan operasi dengan bius lokal selama dua jam. Secara teknis, Bilal musti memasang sebuah pelat titanium dan sebuah magnet ke dalam tengkoraknya, sehingga kamera bisa ditempelkan ke kepalanya.

Proyek ini juga merupakan eksplorasi terhadap bagaimana masyarakat menerima sesuatu yang secara sengaja direkam. Di tempat Bilal mengajar, New York University, proyek ini sudah mengundang kontroversi dan debat seputar masalah privasi para mahasiswa.


Bilal akan sangat dibatasi dalam mengenakan kamera di kepalanya. Saat mengajar, Bilal akan mencopot kamera itu. Sebab, masyarakat masih merasakan perbedaan yang menonjol antara memilih untuk direkam, dengan direkam tanpa sepengetahuan.

Namun, apakah hal itu nantinya akan secara perlahan berubah? Sampai kapan kemudian masyarakat bisa lebih terbuka dan akan maklum bila setiap bagian hidupnya akan tertangkap dalam sebuah video? Bagaimana menurut Anda?

__________

Muezzin will very limited in imposing camera [in] its head. Moment teach, Muezzin will let-off that camera. Cause, society still feel uppermost difference [among/between] chosening to be recorded, with recorded without the knowledge But, do that thing later will slowly change? Until when later;then society can be barer and will enunciated if/when each;every part of its life will be caught in a video? How according to You?


Labels: teknologi

Thanks for reading Profesor Cyborg Bisa 'Melihat' Ke Belakang (Pic dan Video). Please share...!

0 Comment for "Profesor Cyborg Bisa 'Melihat' Ke Belakang (Pic dan Video)"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top