Translate

Berkirim Pesan kepada Alien




LONDON - Dulu pertama kalinya, komunikasi dengan makhluk alien terjadi pada 1982. Saat itu, sebuah penemuan teknologi memungkinkan penduduk bumi menerima telepon dari alien.

Kini, tiga dekade telah berlalu sejak peristiwa yang menghebohkan tersebut. Kini, ada lagi sebuah terobosan baru untuk berkomunikasi dengan alien dengan mengirimkan pesan singkat atau SMS. Benarkah? Lalu bagaimana caranya?



Situs asal Australia bernama HelloFromEarth.net memungkinkan penduduk Australia mengirimkan pesan pada alien di luar sistem solar kita mulai pukul 10.30 pagi hari waktu setempat.

Daily Telegraph, Minggu (16/8/2009) melansir, situs ini awalnya diluncurkan untuk memperingati perayaan National Science Week. Organisasi penelitian luar angkasa Australia kemudian membuka situs HelloFromEarth ini dan menyediakan fasilitas berkirim pesan ke alien sepanjang 160 karakter.

Pesan pengguna situs yang terkumpul kemudian akan dikirim melalui satelit di Canberra Deep Space Communication Complex, ke planet Gliese 581d yang berjarak 20 tahun cahaya dari bumi.

Adapun alasan pengiriman pesan ke planet tersebut dikarenakan Gliese 581d memiliki kemiripan dengan bumi. Para ilmuwan menduga ada kehidupan makhluk lain di planet tersebut.

Namun, pihak HelloFromEarth tidak bisa memberikan kepastian bahwa pesan itu akan segera mendapat balasan dari si alien. Pesan yang terkumpul dan dikirimkan tahun depan, kemungkinan besar akan tiba ke planet Gliese pada sekira Desember 2029.

Meski penuh ketidakpastian, namun rupanya banyak pula warga Australia yang penasaran ingin mencoba layanan ini. Menteri Sains Federal Australia, Kim Carr menjadi yang pertama mengirimkan pesan ke makhluk alien.

"Salam dari Australia, tepatnya dari sebuah planet bernama Bumi. Pesan ini merefleksikan impian orang-orang akan masa depan. Kami ingin berbagi impian ini dengan kalian," tulis Carr dalam pesannya.
Labels: alien, teknologi

Thanks for reading Berkirim Pesan kepada Alien. Please share...!

0 Comment for "Berkirim Pesan kepada Alien"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top