Translate

Plasmobot, Robot dari Jamur yang Bisa Berhitung



BRISTOL - Apa jadinya jika tumbuhan dijadikan salah satu bahan pembentuk robot? Ilmuwan di Inggris memanfaatkan sejenis jamur mikroskopik yang tubuh pada vegetasi tumbuhan untuk merancang sebuah robot yang bisa melakukan tugas berhitung seperti komputer.

Para pengembangnya menamainya Plasmobot. Mereka pun kemudian menjuluki Plasmobot sebagai robot biologi non-silikon yang tak memiliki bentuk tetap (amorphous non-silicon biological robot).

Dalam merancang Plasmobot ini, ilmuwan menggunakan plasmodium pada jamur mikroskopik bernama physarum polycephalum, yaitu jenis jamur mikroskopik yang umumnya tumbuh di hutan, kebun atau tempat lembab.

"Sebagian besar orang menganggap komputer adalah sebuah perangkat keras dengan peranti lunak yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas spesifik," kata salah satu ilmuwan, Profesor Andy Adamatzky yang dikutip dari Press Association, Jumat (28/8/2009).

"Kami mencoba membuktikan bahwa pendapat umum itu tak selamanya benar. Terbukti, jamur mikroskopik atau plasmodium ini bisa menjalankan tugas seperti komputer berkat substansi alami yang dikandungnya, membawa kecerdasan khusus," tambahnya.

Tim dari University of the West of England yang merancang robot ini mendapatkan bantuan dana sebesar 228.000 dari sebuah lembaga penelitian bernama Leverhulme Trust untuk membuat sebuah robot dan melakukan riset mengenai computing yang lain dari biasanya.

Dalam studi mereka, diketahui bahwa plasmodium dapat menyelesaikan tugas penghitungan kompleks dan penghitungan logika lainnya. Sebelumnya, mereka juga telah memperlihatkan kemampuan jamur mikroskopik ini dalam mengangkut dan memindahkan sebuah objek.

Dengan menaruh serpihan gandum di dekatnya, Plasmabot memunculkan bagian tubuh serupa tabung yang berayun ayun sehingga bisa memindahkan serpihan gandum ke tempat lain. Plasmabot juga dapat tumbuh dengan cara tertentu ketika diberikan stimulasi cahaya atau zat kimia.
Labels: teknologi

Thanks for reading Plasmobot, Robot dari Jamur yang Bisa Berhitung. Please share...!

1 Comment for "Plasmobot, Robot dari Jamur yang Bisa Berhitung"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top