Translate

Surat & Artefak Napoleon Terjual Rp15,6 M


FONTAINEBLEAU - Surat yang ditulis oleh Napoleon Bonaparte dan beberapa artefak berharga miliknya yang dimiliki saat masih berkuasa di abad 19, terjual dengan harga lebih dari USD1,7 juta atau sekira Rp15,6 miliar (Rp9,193 per dolar) dalam sebuah lelang.

Surat dari sang Kaisar Prancis untuk adiknya Pauline tersebut terjual dengan seharaga 14.200 Euro atau sekira Rp159,7 juta (Rp11,249 per Euro). Sedangkan sebuah sisir milik anak tirinya Putri Hortense laku terjual dengan harga 20 ribu euro atau Rp224,4 juta. Demikian dilansir AFP, Selasa (15/6/2010).

Tidak hanya itu, sebuah pedang miliknya yang berasal dari masa kejayaan Napoleon juga laku terjual dalam lelang ini. Pedang tersebut berhasil dilego dengan seharga 36 ribu Euro atau sekira Rp404,1 juta. Sementara sebuah lukisan miliknya yang menampilan potret Jenderal Lazare Hoche, terjual dengan harga 25 ribu atau sekira Rp280 juta.

Lukisan tersebut ditampilkan pada pameran lukisan di Paris pada 1889, dan sejak itu terus dipamerkan ke seluruh musium di dunia.

Pelelang Jean Pierre Osenat menyatakan, lebih dari setengah 237 dokumen yang berhubungan dengan Napoleon, keluarganya dan para wakilnya sudah diklaim oleh Prancis dan musium nasional yang ada di negeri mode tersebut.

Sebelumnya perhiasan yang terdiri dari berlian milik Permaisuri Josephine, diklaim sebagai harta karun negara oleh Museum Chateux. Mereka menilai, perhiasan tersebut sebagai bagian milik Kementerian Kebudayaan Prancis.
Labels: unik lainnya

Thanks for reading Surat & Artefak Napoleon Terjual Rp15,6 M. Please share...!

0 Comment for "Surat & Artefak Napoleon Terjual Rp15,6 M"

Cari Artikel

Followers

Back To Top