Translate

Kepala Patung Firaun Raksasa Ditemukan di Mesir

Patung kepala yang jadi bagian patung besar

LUXOR - Batu granit besar berwarna merah melukiskan wajah dari salah satu firaun Mesir yang terkenal telah berhasil ditemukan di wilayah bagian selatan Kota Luxor.

Menurut pejabat setempat, patung kepala berusia sekira 3 ribu tahun, berukir wajah Amenhotep III, kakek dari Tutankhamun, berhasil digali dari reruntuhan kuil pemakaman firaun.

Para ahli mengatakan bahwa temuan tersebut merupakan temuan terbaik. Karena kondisinya yang masih utuh menggambarkan wajah seorang raja. Patung tersebut memiliki ukuran 2,5 m, kepala tersebut merupakan bagian dari patung besar yang, bagian lain dari patung tersebut sebelumnya telah diketemukan.

Pejabat museum mengatakan, patung tersebut akan disusun kembali. "Patung yang lain biasanya selalu ada yang rusak, seperti ujung hidungnya, atau wajahnya yang terkikis," ujar pemimpin ekspedisi Mesir-Eropa Dr Hourig Sourouzian.

"Tapi patung ini, dari atas hingga dagunya, masih dalam keadaan terawat, tidak ada yang rusak," imbuhnya.

Kepala musium Mesir Zahi Hawass, menggambarkan bahwa temuan tersebut seperti "Karya artistik yang sangat berkualitas," demikian pernyataan pejabat tersebut yang tidak disebutkan namanya, seperti dikutip bbc.co.uk, Senin (1/3/2010).

Amenhotep III memimpin Mesir dari 1387 hingga 1348 Sebelum Masehi (SM) dan memimpin kekaisaran yang besar yang mencakup wilayah yang terbentang dari Nubia di wilayah hingga ke Syiria di wilayah utara.

Para peneliti menggunakan tes DNA dan CT scans pada beberapa mumi yang akhirnya memastikan bahwa dirinya adalah kakek dari Tutankhamun, seorang raja muda yang terlahir dari pernikahan sedarah antara Akhenaten dan adiknya sendiri, keduanya merupakan keturunan dari Amenhotep III.

Kuil makam di Luxor rusak total, kemungkinan disebabkan banjir, yang tersisa hanyalah temboknya saja.
Labels: unik lainnya

Thanks for reading Kepala Patung Firaun Raksasa Ditemukan di Mesir. Please share...!

0 Comment for "Kepala Patung Firaun Raksasa Ditemukan di Mesir"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top