Translate

Terobosan Besar, Orang Buta Kini Bisa Melihat!


New South Wales - Sebuah simulasi baru National ICT Centre for Excellence (NICTA) sukses memberi harapan bagi pasien untuk bisa melihat kembali melalui mata bionik.

Mikrochip yang dikembangkan Bionic Vision Autralia, University of New South Wales dan NICTA ini akan membantu memulihkan penglihatan orang yang memiliki penyakit retina.

Penyakit ini menyebabkan kondisi di mana photoreceptors atau sel rentan cahaya di retina memburuk, bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Saat mikrochip ditanam di belakang mata, cahaya yang masuk melalui photoreceptors yang rusak akan distimulasikan mikropcip ke sel-sel syaraf pusat.

Kemudian, gambar diproyeksikan syaraf optik, dan pada lapisan korteks luar, cahaya akan diinterpretasikan. Seperti dikutip dari New Scientist, sistem ini menggunakan kamera untuk mendeteksi cahaya dan mengirimkan feed menyerupai video ke prosesor yang akan mengaktifkan elektroda pada mikrochip.

Elektroda ini menstimulasi sel retina agar menghasilkan penglihatan yang lebih baik. Generasi pertama mikrocip ini terdiri dari 98 elektroda, sementara model keduanya terdiri dari 1.000 eletroda.

Tapi menurut Brian Mech dari Second Sight, pembuat microchip serupa, menyatakan bahwa jumlah elektroda tak terlalu berpengaruh. Terkadang, mikrochip dengan elektroda sedikit dapat mengaktifkan lebih banyak sel retina dan bisa melewati syaraf.

Tim peneliti akan mulai melakukan percobaan pada pasien dengan model pertama pada 2013 mendatang. Untuk saat ini, generasi kedua mikrochip ini akan masuk tahap uji biocampability. “Melalui implantasi ini, diharapkan orang buta bisa melihat kembali untuk pertama kalinya,” kata Bionic Vision Australia.

______________
Tag to this article : vision, bionic, second, sight, chip, retina, blind, eye, simulation, for, optical nerve, light, team, new, feed, first, hope

Labels: teknologi

Thanks for reading Terobosan Besar, Orang Buta Kini Bisa Melihat!. Please share...!

0 Comment for "Terobosan Besar, Orang Buta Kini Bisa Melihat!"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top