Translate

Puntung Rokok di China Dibanderol Rp600

Seorang pria terlihat sedang merokok di taman di Kota Beijing

BEIJING - Bagian utara kota China memiliki inovasi baru untuk mendorong masyarakat untuk menjaga kebersihan jalanan, pemerintah akan membayar puntung rokok yang mereka ambil sebesar lima fen atau sekira Rp600.

Pemerintah kota (pemkot) di Provinsi Shaanxi, Kota Xianyang meluncurkan kampanye tersebut pada September. Sejauh ini masyarakat tampak antusias, tercatat hingga saat ini puntung rokok yang berhasil diserahkan mencapai tujuh juta puntung rokok.

Pemkot pun saat ini sudah merogoh koceknya hingga 100 ribu yuan atau sekira Rp133 juta demi membeli sekira dua juta puntung rokok. Sedangkan untuk sisanya, untuk pembayaran lima juta puntung rokok saat ini, pemkot masih utang.

"Kami memulai rencana ini sebagai bentuk untuk memperindah kota dan membuat masyarakat lebih beradab, meningkatkan kesadaran lingkungan dan memperingatkan bahaya merokok," ujar Hou Xian kepala deputi kantor pengawas program. Seperti dilansir AFP, Jumat (29/10/2010).

Dilaporkan bahwa ada seorang warga yang bisa mengumpulkan puntung rokok hingga mencapai 7.500 dengan total biaya yang dikeluarkan pemkot mencapai sekira Rp1 juta.

Namun, ada beberapa orang yang juga berlaku curang demi mengumpulkan puntung rokok, mereka mencari di cafe internet, restoran dan bahkan tong sampah.

Tapi memang tampaknya kampanye tersebut efektif. Salah seorang warga yang mengambil bekas puntung yang dibuang seorang kakek mengatakan bahwa dia kini sadar tidak akan membuang apapun sembarangan.
Labels: unik lainnya

Thanks for reading Puntung Rokok di China Dibanderol Rp600. Please share...!

0 Comment for "Puntung Rokok di China Dibanderol Rp600"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top