Translate

Keprihatinan Obama Atas Gempa di Jepang


WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyampaikan keprihatinannya atas bencana gempa yang terjadi di Jepang. Obama menyatakan kesiapan AS untuk memberikan bantuan kepada sekutu terdekatnya di Asia itu.

Obama yang mendengar kabar gempa tersebut dari Kepala Stafnya Bill Daley, mengaku telah menginstruksikan Badan Penanggulangan Keadaan Darurat Federal AS (FEMA) untuk bersiap membantu Hawai dan seluruh wilayah AS lainnya yang terancam pengaruh tsunami.

"Saya dan Michelle menyampaikan keprihatinan mendalam kepada rakyat Jepang. Khususnya kepada mereka yang kehilangan anggota keluarga yang dicintai dalam bencana gempa dan tsunami," ucap Obama dalam pernyataan tertulis yang dirilis oleh Gedung Putih.

"AS siap membantu rakyat Jepang dalam keadaan bencana ini," tambah Obama. "Persahabatan dan kerja sama antara dua negara kami tidak akan pernah mengalami guncangan. Justru dengan gempa ini akan makin mempererat hubungan kedua negara," lanjutnya.

Obama yang lahir dan sempat tinggal di Hawai menambahkan, pihak Gedung Putih akan terus memonitor kondisi tsunami di sekitar Jepang dan sekitar wilayah Pasifik. Dirinya meminta pejabat AS untuk mempersiapkan langkah membantu warga AS di Hawai dan wilayah negara bagian yang mungkin terpengaruh oleh tsunami.

"Kami meminta warga yang terpengaruh oleh tsunami untuk memperhatikan instruksi dari pejabat pemerintah setempat. Saya sudah menyiagakan FEMA untuk siap membantu Hawai dan wilayah AS lainnya yang kemungkinan terpengaruh oleh tsunami," ungkap Obama seperti dikutip CNN, Jumat (11/3/2011).

Obama juga mendesak warganya untuk terus mendengar instruksi dari pemerintah setempat dalam menghadapi bahaya potensial tsunami.

_______

Obama, who
was born and had lived in Hawaii added, the White House will continue to monitor the condition of the tsunami in the vicinity of Japan and around the Pacific region. He was asking U.S. officials to prepare measures to help U.S. citizens in Hawaii and the state's area who may be affected by the tsunami.

Obama, que nasceu e viveu no Havaí, acrescentou, a Casa Branca vai continuar a monitorar a condição do tsunami nas proximidades do Japão e ao redor da região do Pacífico. Ele estava pedindo autoridades dos EUA a preparar medidas para ajudar os cidadãos dos EUA no Havaí e na área do Estado que possam ser afetadas pelo tsunami.

tag : tsunami, gempa, jepang
Labels: bencana

Thanks for reading Keprihatinan Obama Atas Gempa di Jepang. Please share...!

0 Comment for "Keprihatinan Obama Atas Gempa di Jepang"

Cari Artikel

Followers

Back To Top