Translate

Bunker Era Perang Dingin Terjual Rp284 Juta


LONDON - Sebuah bunker atau tempat perlindungan era Perang Dingin yang terletak di kawasan pedesaan Inggris, berhasil terjual sebesar USD31 ribu atau sekira Rp284 juta (Rp9.175 per dolar) di situs eBay.

Bunker yang digunakan untuk berlindung dari serangan bom nuklir semasa perang dingin tersebut dibeli oleh seorang pembeli yang memiliki identitas disembunyikan. Ia berhasil memenangkan lelang di situs lelang online tersebut dengan mengalahkan 40 tawaran dari orang lain.

Tempat perlindungan tersebut dibuat oleh Royal Observer Corps saat puncak perang dingin di tahun 1959 untuk mengantisipasi perang nuklir antara Uni Soviet dan Amerika Serikat kala itu. Bersama dengan ratusan bunker yang dinonaktifkan pada tahun 1991 lalu usai runtuhnya Uni Soviet.

Bangunan yang terdiri dari dua kamar tersebut terletak di 4,5 meter bawah tanah dan dilengkapi dengan sebuah telepon, toilet kimia dan bebera saluran udara. Bunker ini terletak di Derbyshire Peak sekira 260 kilometer dari London. Demikian diberitakan Associated Press, Rabu (10/3/2010).

Selain dilengkapi dengan peralatan sehari-hari, penjual bunker ini juga melengkapinya dengan memorabilia yang unik dari masa perang dingin. Menurut penjualnya, pembeli bunker ini membeli benda unik hanya untuk mewujudkan mimpinya. Mereka tidak bermaksud untuk tinggal di bunker tetapi hanya untuk menikmati kenangan dari bunker tersebut.
Labels: unik lainnya

Thanks for reading Bunker Era Perang Dingin Terjual Rp284 Juta. Please share...!

0 Comment for "Bunker Era Perang Dingin Terjual Rp284 Juta"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top