Translate

Domain Dotcom Ulang Tahun ke-25


LONDON - Internet merayakan hari jadi nama domain dotcom (.com) yang ke-25. Pada 15 Maret 1985, sebuah komputer bernama Symbolic yang berbasis di Massachusetts menambahkan dotcom dibelakang nama mereka. Hal ini kemudian diikuti oleh Bbn.com dan Think.com.

Namun saat itu, pasar dotcom tidak tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun. Hanya ada enam nama dotcom yang terdaftar. Bandingkan dengan sekarang, ada 100.000 nama dotcom yang terdaftar setiap harinya. Pada 2008, indeks hasil pencarian Google yang merupakan raksasa internet mencapai triliunan halaman.

Dilansir Telegraph, Senin (15/3/2010), Symbolics.com yang membuat sistem komputer dan software yang berpusat di Massachusetts Institute of Technology (MIT), mendaftar dotcom untuk pertama kalinya ke perusahaan pendaftaran domain bernama Network Solutions. Sejak saat itu, Symbolics dibeli oleh XF.com yang pada 2009 menjadi perusahaan investasi domain internet. Sementara Network Solutions diakuisisi oleh Verisign pada 2000. Saat ini Symbolics memberikan pelayanan sebagai blog XF.com.

"Pada 25 tahun lalu, siapa yang menyangka kalau internet akan menjadi seramai sekarang dengan jumlah bisnis yang terbangun di atasnya," kata CEO Verisign Mark McLaughlin.

Dulu, sebagian besar 100 nama domain pertama yang terdaftar merupakan perusahaan komputer. Diantaranya adalah Apple yang mendaftar pada 19 Februari 1987, dan Microsoft pada tahun 1991. Saat ini, ada lebih dari 84 juta nama domain di internet.

Dalam websitenya Symbolics menyebutkan domain dotcom berevolusi seiring dengan kian banyaknya perusahaan yang terkoneksi dengan internet.

Menurut Craig Partridge dari Raytheon BBN Technologies, awalnya dotcor menjadi yang pertama diusulkan sebagai nama domain untuk perusahaan, namun nama tersebut pada akhirnya berganti menjadi dotcom. Konon, dotcom merupakan singkatan dari kata 'commercial'.
Labels: teknologi

Thanks for reading Domain Dotcom Ulang Tahun ke-25. Please share...!

0 Comment for "Domain Dotcom Ulang Tahun ke-25"

Cari Artikel

Loading...

Followers

Back To Top